RadenTV

Juventus vs Barcelona; Misi Revans Demi Tiket ke Cardiff

radentv.com - Bertempat di Nyon, Swiss, UEFA telah melakukan undian babak perempat final Liga Champions Eropa musim 2016/2017. Total delapan tim terbaik Benua Biru akan saling jegal demi 4 tiket semifinal.

Sang jawara Italia, Juventus, akan berhadapan dengan wakil Spanyol, Barcelona. La Vecchia Signora -julukan Juventus- akan menjamu Barca terlebih dahulu pada Rabu dinihari 12 April 2017. Selang seminggu kemudian, 20 April 2017, giliran Juve melawat ke Camp Nou.

Juventus vs Barcelona

Bagi sebagian Juventini, hasil drawing ini bisa membuat mengernyitkan dahi. Terlebih hasil comeback luar biasa Barcelona di babak perempat final kala melawan PSG. Kalah 0-4 di leg pertama, Barca berhasil membalikkan kedudukan lewat kemenangan dramatis 6-1 di kandang sendiri pada leg kedua, terlepas dari beberapa keputusan kontroversial sang pengadil lapangan.

Selain itu, pada pertemuan terakhir Juventus dan Barcelona yang terjadi di partai puncak alias final Liga Champions musim 2014/2015 lalu, Juventus harus mengakui keunggulan Barcelona dengan skor 3-1.

Dua faktor itu bisa jadi membuat Barcelona yakin bisa kembali unggul atas wakil Italia ini.

Tapi, maaf. Juventus saat ini bukan Juventus 2015 lalu. Banyak perubahan positif yang telah dilakukan. Skuad sekarang tidak sama lagi dengan skuad yang dihadapi Messi dkk di Olimpiastadium 2 tahun silam. Berbeda dengan Barca yang skuadnya relatif tidak banyak perubahan.

"Juventus vs Barcelona adalah laga yang hebat. Kami harus berani dan mengendalikan permainan. Semoga tim terbaik yang menang." ujar Nedved menanggapi hasil undian seperti dikutip dari akun Twitter resmi Juventus.

Selain itu, Juventus tentunya mengusung misi revans atas kekalahan di partai puncak Liga Champions 2 musim silam itu. Si Kuping Besar -julukan trofi Liga Champions- sudah terlalu lama tidak singgah ke Juventus Stadium, tepatnya sejak 20 musim yang lalu.

Satu hal yang menarik, pertemuan Juventus vs Barcelona ini seperti ulangan perempat final Liga Champions musim 2002-2003. Juventus-Barcelona bermain imbang 1-1 di Delle Alphi pada leg pertama, 10 April 2003. Paolo Montero sempat membuat Juve unggul di babak pertama, sebelum Javier Saviola menyamakan kedudukan di babak kedua.

Berselang dua minggu kemudian, Barcelona menjamu Juve di Camp Nou. Pavel Nedved membuka keunggulan Juve di menit 56 setelah Roberto Bonano gagal menghalau tendangan keras Nedved dari jarak dekat. Selang 10 menit kemudian, Xavi menyamakan kedudukan. Skor 1-1 (agregat 2-2).

Menit 79, drama dimulai. Edgar Davids menerima kartu kuning kedua. Juve harus meneruskan pertandingan dengan 10 pemain. Sampai babak kedua berakhir, skor sama kuat tetap bertahan.

Juventus vs Barcelona musim 2002/2003

Pada babak perpanjangan waktu, Juventus dikurung oleh anak asuh Radomir Antic ini. Keajaiban datang pada menit ke 114. Memanfaatkan umpan Alessandro Birindelli lewat skema serangan balik, Marcelo Zalayeta berhasil mengonversi menjadi gol sekaligus mengantarkan Juve ke babak semifinal.

Memori hampir dua dekade silam dan kekalahan di final dua musim yang lalu akan coba dijadikan cambuk motivasi Buffon dkk guna mengembalikan Si Kuping Besar ke Turin.

Bagaimana Juventini? Yakin bisa mengatasi Barcelona?

Semoga.

Baca juga: Deretan Karang Kokoh Penjaga Martabat Si Nyonya Tua
Manchester CityManchester UnitedChelsea



Pengen request streaming tim idola kamu di pertandingan selanjutnya? Klik https://radentv.com/request
Share

+1