RadenTV

Kemanakah John Terry Akan Pergi?

radentv.com - Habis sudah generasi 'tua' di Chelsea. Setelah ditinggal pemain senior macam Didier Drogba dan Frank Lampard, akhir musim ini Chelsea akan kembali kehilangan salah seorang pemain besarnya.

Ya, John George Terry. Kapten sekaligus pemain paling senior di skuad Chelsea akan meninggalkan Stamford Bridge di akhir musim ini. Kontrak JT -panggilan akrab Terry- di Chelsea berakhir 20 Juni 2017.

JT mengakhiri masa bakti hampir 20 tahun pengabdian. Memulai debut pada laga Boxing Day 26 Desember 1998 saat melawat ke Southampton, kemudian sempat dipinjamkan ke Nottingham Forest, John Terry bertransformasi sebagai salah seorang bek tangguh dan produktif di Benua Biru.

Kemanakah John Terry Pergi?

Sampai saat ini, JT telah bermain dalam 687 pertandingan Chelsea di semua kompetisi dengan mencetak 64 gol.

Pertanyaan selanjutnya adalah kemana tujuan John Terry setelah ini? Seiring belum ada tanda-tanda ingin menggantung sepatu, beberapa opsi bisa dipilih sebagai destinasi selanjutnya petualangan lelaki yang tahun ini akan berusia 37 tahun.

Kemana sajakah?

1. Chinese Super League (CSL)

Negeri Tiongkok saat ini sedang 'rakus-rakusnya' mengontrak dengan nilai yang fantastis -bahkan cenderung tidak masuk akal- para bintang lapangan hijau terutama dari liga top Eropa. Nama-nama seperti mantan rekan setim JT, Oscar, Hulk, Lavezzi sampai Carlos Tevez saat ini menghiasi daftar line-up tim Negeri Bambu.

Jika JT punya keinginan memperbesar rekening tabungannya, Liga Tiongkok bukan pilihan yang terlalu buruk.

Selain itu, jika kita perhatikan beberapa nama besar yang memilih CSL, sebagian besar berposisi gelandang atau striker. Apalagi didukung dengan regulasi pemakaian 3 pemain asing, JT punya kesempatan bermain reguler disini.

2. Major League Soccer

Selain Liga Super Tiongkok, Major League Soccer (MLS) juga kerap kali menjadikan uang sebagai daya tarik utama untuk menggaet pemain top. Memang hal ini tidak semasif kisaran 5 tahun kemarin seiring hadirnya pesaing mereka yaitu Liga Tiongkok.

Apalagi dengan kualitas seorang JT, jika dia memutuskan pindah ke MLS, maka dia bisa dikategorikan Designated Player yang mempunyai fasilitas gaji jauh lebih tinggi dari pemain lainnya.

Menyeberang ke Amerika juga bisa dijadikan napak tilas perjalanan dua kapten Inggris sebelumnya, yakni David Beckham dan Steven Gerrard. 

3. Bournemouth

Terry sempat dikaitkan dengan Bournemouth pada jendela transfer Januari kemarin. Pengalaman mantan kapten The Three Lions -julukan timnas Inggris- ini dibutuhkan untuk membantu memperbaiki performa lini belakang anak asuk Eddie Howe yang begitu buruk.

Sampai dengan pekan ke 34 Liga Inggris, hanya Swansea (68) dan Hull City (67) yang punya rekor kebobolan lebih tinggi dari Bournemouth (63).

4. West Bromwich Albion

West Brom memang bukan tempat yang mewah untuk mengakhiri karir lapangan hijau. Tapi sejatinya, posisi West Brom saat ini cukup baik untuk ukuran tim yang setiap musim selalu berjuang lolos dari zona degradasi. Sampai matchday 34, WBA ada di posisi delapan. Satu setrip lebih baik dari Southampton.

Selain itu, jika dilihat dari data statistik, WBA punya rasio tertinggi mencetak gol dari tendangan bola mati atau set-pieces musim ini. Total sudah 19 gol yang mereka cetak ke gawang musuh dengan rincian 14 gol dari tendangan sudut, 4 gol dari tendangan bebas tidak langsung dan 1 dari pinalti.

Data ini tentu menarik bagi seorang JT. Berpostur 187 cm dan memiliki positioning yang bagus, Terry kerap kali mencetak gol dari sundulan dalam situasi bola mati.

5. Serie A

Liga Italia kerap kali dituding secara tidak adil sebagai liga yang 'lambat' dan tidak menarik. Padahal, Liga Italia secara taktikal lebih menarik dari liga top Eropa lainnya. Hal ini bisa menarik bagi JT jika kelak setelah pensiun dia memilih menjadi pelatih.

Selain itu, JT yang berposisi sebagai bek, akan mendapatkan banyak ilmu baru tentang cara bertahan yang 'baik dan benar' dari para maestronya di Italia. Dia bisa berbagi ilmu dengan trio BBC (Barzagli, Bonucci dan Chiellini) di Juve, atau menjadi mentor bagi bek muda seperti Alessandro Romagnoli di AC Milan.

Apalagi, AC Milan bersama saudaranya Inter, beberapa kali menyatakan ketertarikan kepada Terry. Tapi, hadirnya investor baru di AC Milan bisa saja mengganjal kedatangan Terry seiring rencana merombak skuad saat ini dengan mendatangkan pemain top yang berusia emas pada musim depan.

Lima opsi di atas bisa dijadikan pertimbangan bagi Terry dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Atau jika ingin mencoba petualangan baru yang menantang, dia bisa ke Go-Jek Traveloka Liga 1 Indonesia yang kebetulan membuka banyak lowongan untuk marquee player.

Bagaimana Persib Bandung, tertarik?

Sumber dan Foto: Squawka

Manchester CityManchester UnitedChelsea



Pengen request streaming tim idola kamu di pertandingan selanjutnya? Klik https://radentv.com/request
Share

+1