RadenTV

Jelang Barcelona vs Juventus; Maaf, Tak Ada Remontada!

radentv.com - Semangat remontada jilid kedua dikobarkan segenap penggawa dan fans Barcelona kala menghadapi Juventus di Nou Camp dini hari nanti (20/4). Kekalahan tiga gol tanpa balas di Juventus Stadium pada leg pertama perempat final Liga Champions membuat Barcelona harus menang dengan margin minimal 4 gol.
Selebrasi Zalayeta saat membobol gawang Barcelona

Barcelona mempunyai pengalaman dalam menjalani remontada (membalikkan keunggulan). Kekalahan 4 gol tanpa balas dari PSG di leg pertama babak16 Besar mampu dibalas dengan kemenangan fantastis 6-1 (agregat 6-5) di pertandingan kedua. Tentu terlepas dari beberapa keputusan kontroversial wasit asal Jerman kala itu, Deniz Aytekin.

Kenangan manis itulah yang akan coba diulangi oleh pasukan Luis Enrique dini hari nanti. Apalagi Barcelona sudah bisa memainkan Sergio Busquets yang absen pada leg pertama karena akumulasi kartu. Busquets tentu diharapkan untuk menjadi penyeimbang lapangan tengah Barca yang pada leg pertama lalu kurang bekerja optimal di kaki Mascherano.

Selain itu, Neymar, aktor utama dalam remontada jilid 1 berada dalam kondisi fresh seiring absennya dia pada pertandingan terakhir Barca di liga domestik akibat sanksi kartu merah.

Pertanyaannya, mampukah Barcelona?

Ada beberapa faktor yang membuat Barcelona sulit untuk melakukan remontada jilid kedua. Apa saja itu?

Pertama, Juventus harus berterima kasih kepada PSG. Kekalahan mengejutkan dengan margin skor 5 gol adalah pelajaran yang teramat berharga untuk allenatore Juve, Max Allegri. Juventus tentu tidak ingin menjadi keledai yang mengulangi kesalahan PSG. Allegri tentu sudah mempelajari bagaimana PSG yang di atas kertas punya peluang lolos ke perempatfinal malah harus pulang menanggung malu.

Besar kemungkinan Barcelona akan memulai laga dengan formasi 3-4-3. Mathieu yang bermain buruk sebagai bek tengah sebelah kiri (LCB) di Juventus Stadium akan diparkir untuk digantikan Umtiti yang bersanding dengan Pique dan Mascherano. Jika memang trio bek ini yang dipasang, Allegri bisa memforsir Cuadrado dan Ksatria Balkan, Mandzukic untuk mengajak lari Umtiti dan Mascherano. Sektor ini yang oleh Juve pada leg pertama lalu sering dijadikan sasaran serangan.

Kedua, performa pertahanan Juventus di Liga Champions musim ini begitu kokoh. Total hanya 2 gol yang bersarang ke gawang Gianluigi Buffon, yakni kala menjamu Lyon dan Sevilla di fase grup. Kesolidan pertahanan Juve yang digalang Bonucci dan Chiellini akan menjadi basis kekuatan Juve pada second leg nanti. Messi dan Neymar akan dijaga ketat duo Brasil, Dani Alves dan Alex Sandro di sisi pertahanan. Sedangkan Chiellini akan menjadi pendamping setia Suarez.

Ketiga, tekanan ada di kubu Barcelona. Lionel Messi cs dipastikan akan menggempur pertahanan Juve mulai dari menit awal. Bahkan Enrique sempat berseloroh akan memainkan 8 striker bila diperlukan. Andai Juve bisa mencuri 1 gol saja, langkah Barca tentu akan semakin berat.

Keempat, Juve punya pengalaman manis di Nou Camp 14 tahun yang lalu. Persis di leg kedua babak perempat final Liga Champions musim 2002/2003. Kala itu, Juventus berhasil mengalahkan Barca dengan skor 2-1 (agregat 3-2) lewat gol Pavel Nedved dan Marcelo Zalayeta di babak extra time.

Jadi, bagaimana Barcelona, masih ingin mengulang cerita manis remontada?
Manchester CityManchester UnitedChelsea



Pengen request streaming tim idola kamu di pertandingan selanjutnya? Klik https://radentv.com/request
Share

+1