Villa Kota Batu

Pembagian Grup dan Jadwal Lengkap Piala Presiden 2018

radentv.com - Turnamen pemanasan jelang bergulirnya kompetisi resmi musim 2018 kembali digelar. Turnamen bertajuk Piala Presiden 2018 ini akan digelar mulai 16 Januari - 17 Februari 2018. Sebanyak 20 tim turut serta dalam turnamen ini.

Jadwal dan Pembagian Grup Piala Presiden

Berbeda dengan turnamen serupa tahun lalu, pada gelaran tahun ini pembagian grup tidak dilakukan di hadapan tim peserta, tetapi langsung dibagi oleh panitia turnamen. Faktor geografis dan rating televisi menjadi pertimbangan utamanya.

Setiap tuan rumah akan mendapatkan subsidi Rp 800 juta dari penyelenggara. Selain itu, hasil penjualan tiket setiap pertandingan juga akan masuk kantong tim tuan rumah. Namun, konsekuensinya, tim tuan rumah harus menanggung seluruh biaya akomodasi dan transportasi tiga tim tamu.

Dua puluh tim yang terdiri dari 15 peserta Liga 1 musim lalu ditambah dengan 3 tim promosi dan 2 tim terbaik dari Liga 2 dibagi menjadi lima grup. Lima kota ditunjuk menjadi tuan rumah, yakni Bandung, Balikpapan, Surabaya, Gianyar dan Malang. Pertandingan perempatfinal akan digelar di Solo, semifinal memakai sistem home and away, dan final akan dihelat di Gelora Bung Karno Jakarta.

Berikut adalah pembagian dan jadwal pertandingan tiap grup:

Grup A (Stadion Gelora Bandung Lautan Api)


Di grup A, Persib Bandung yang bertindak menjadi tuan rumah masuk ke dalam 'grup neraka'. Atep dkk akan bersaing dengan Sriwijaya FC, PSM dan PSMS.

Sriwijaya yang babak belur di Liga 1 musim lalu, saat ini berbenah sangat serius dengan mendatangkan beberapa bintang seperti Esteban Vizcarra, Adam Alis, Makan Konate, Irsyad Maulana, Mohamed N'Diaye, Manuchekhr Dzhalilov dan beberapa nama lainnya. Pelatih berpengalaman Rahmad Darmawan juga direkrut guna mengembalikan pamor Sriwijaya FC yang sempat redup.

PSM yang finis di papan atas pada Liga 1 musim lalu pun juga dipastikan akan kembali menurunkan skuat terbaiknya. Kehilangan beberapa pemain pilar macam Ferdinand Sinaga dan Syamsul Chaerudin serta rumor hengkangnya sang kapten Hamka Hamzah tentu mereduksi kekuatan anak asuh Robert Rene Albert. Namun, hadirnya muka baru dan racikan strategi meneer asal Belanda ini akan membuat siapapun yang berhadapan dengan PSM akan bekerja ekstra keras.

Satu tim lainnya, tim promosi asal Sumatera Utara PSMS Medan akan menjadikan turnamen ini sebagai media melihat potensi dan evaluasi tim guna bersaing di kompetisi sesungguhnya nanti. Nama besar di masa silam tentu akan menjadi motivasi bagi anak-anak Ayam Kinantan agar tidak sekedar numpang lewat di Liga 1 musim depan.

Grup B (Stadion Batakan Balikpapan)


Tiga tim asal Kalimantan akan bersaing dengan Mutiara Timur Persipura guna meraih tiket ke babak selanjutnya. Barito Putera yang bermaterikan mayoritas darah muda akan saling sikut dengan Naga Mekes dan saudara muda Martapura FC. Kemapanan Persipura di kompetisi resmi akan diuji musim depan seiring hengkangnya beberapa pilar ke Persebaya. Turnamen ini tentu akan berguna untuk menguji seberapa cepat dan kuat Persipura untuk move on.

Grup C (Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya)


Tim legendaris Persebaya akhirnya kembali ke kasta tertinggi persepakbolaan Indonesia. Turnamen ini akan menjadi ajang Green Force menyiapkan tim untuk bersaing di kompetisi sesungguhnya nanti. Perombakan tim yang tidak terlalu banyak plus datangnya lima pemain berpengalaman dari Persipura akan menjadikan Persebaya sebagai raksasa yang siap bangun dari tidur panjangnya.

Grup D ( Stadion I Wayan Dipta Gianyar)


Bali United akan mencoba meneruskan tren positif performanya seperti di Liga 1 musim lalu kala menjadi tuan rumah Grup D. Semakin matangnya skuat Widodo C. Putro serta dukungan dari ribuan Semeton Dewata akan menjadi modal kuat untuk melaju ke fase selanjutnya.

Grup E (Stadion Kanjuruhan Malang)


Di Grup E, Arema FC yang banyak kehilangan pemain pilar, akan berjuang merebut poin dan hati Aremania guna melangkah ke fase perempatfinal. Skuat muda asuhan Joko 'Gethuk' Susilo ini akan bersaing dengan PSIS, Persela dan jawara Liga 1 musim lalu Bhayangkara FC.

Siap untuk mendukung tim favorit kalian meraih prestasi tertinggi di turnamen Piala Presiden 2018?

Panasnya pertandingan-pertandingan Piala Presiden 2018 ini bisa kalian saksikan via live streaming DISINI.
Manchester CityManchester UnitedChelsea



Pengen request streaming tim idola kamu di pertandingan selanjutnya? Klik https://radentv.com/request
Share

+1