Manisnya Kemenangan Lazio

Manisnya Kemenangan Lazio

Manisnya Kemenangan Lazio

radentv.com – Dalam rentang 14 Februari sampai 20 Februari 2019 atau cuma sepekan, awan gelap menggantung di atas Centro Sportivo di Formello, markas latihan Lazio. Penyebabnya sederhana tapi sangat menyakiti hati Laziale, suporter fanatik I Biancoceleste, yakni tiga kekalahan beruntun yang dialami Ciro Immobile dan kawan-kawan.

Di sepasang partai 32 besar Liga Europa, tim besutan Simone Inzaghi selalu dipecundangi Sevilla. Makin ironis, dari kedua laga tersebut Lazio gagal mengoyak jala sang lawan.

Di antara kedua pertandingan itu, terselip juga satu giornata Serie A melawan Genoa. Sempat unggul lewat Milan Badelj, I Biancoceleste dipaksa pulang dengan kepala tertunduk gara-gara gol yang dibuat Tonny Sanabria dan Domenico Criscito. Lebih menyakitkan lagi, gol Criscito dilesakkan pada menit ke-93!

Tak pernah menang di tiga laga beruntun rupa-rupanya belum cukup bagi Immobile dan kawan-kawan. Laziale jadi semakin gerah terhadap klub kesayangan mereka setelah partai semifinal leg I Piala Italia melawan AC Milan juga tak bisa dimenangkan. Bermain di kandang sendiri, Stadion Olimpico, I Biancoceleste harus puas bermain imbang tanpa gol.

Salah satu hal yang dituding sebagai biang kerok melempemnya penampilan Lazio adalah kemandulan yang mendera sang juru gedor andalan, Immobile. Selepas mencetak gol ke gawang Inter di partai perempatfinal Piala Italia pada 31 Januari lalu, striker berusia 29 tahun tersebut memang paceklik gol di sepanjang bulan Februari.

Padahal di sejumlah laga, kesempatan untuk membobol jala lawan senantiasa didapat oleh Immobile. Namun tendangan, sundulan dan bahkan sentuhannya di kotak penalti lawan seperti tak bertaji.

Ketika aura negatif itu berkelindan, I Biancoceleste justru dihadapkan pada laga bertajuk Derby Della Capitale kontra sang rival sekota, AS Roma, dini hari tadi (3/3).

Siapapun tahu, pertandingan yang menyedot atensi tinggi ini pasti berlangsung sengit dan panas. Mengubah tren buruk yang mereka rasakan akhir-akhir ini dari laga Derby Della Capitale jelas bukan persoalan enteng. Apalagi di tiga perjumpaan pamungkas, Lazio tak pernah mampu menumbangkan I Giallorossi.

Namun magis pertandingan Derby Della Capitale rupanya berhasil mengubah wajah Immobile dan kawan-kawan secara total. Dari pecundang yang selalu gagal memetik poin penuh di beberapa laga terakhir menjadi pemenang sejati.

Bermain di hadapan puluhan ribu pasang mata yang mayoritas Laziale, I Biancoceleste tampil sempurna. Tidak menguasai permainan secara mutlak lewat penguasaan bola, tapi efektivitas mereka dalam memaksimalkan peluang jauh lebih paripurna ketimbang sang rival.

Kondisi inilah yang sukses melahirkan gol-gol dari kaki Felipe Caicedo, Immobile, dan Danilo Cataldi. Asyiknya lagi, trigol yang bersarang di jala Roma tak sekalipun bisa dibalas oleh Edin Dzeko dan kolega. Terlebih penampilan Thomas Strakosha di bawah mistar Lazio amat eksepsional.

“Lazio bermain lebih baik daripada kami. Mereka amat pantas memenangi laga”, aku kapten Roma, Daniele De Rossi, kepada Sky Sports Italia.

Memetik angka sempurna dari partai sekelas Derby Della Capitale berpotensi mengubah atmosfer di tubuh Lazio. Tugas mereka pun semakin jelas sekarang, meneruskan momentum ini guna meraup hasil-hasil lebih baik di partai berikutnya.

“Kemenangan ini memiliki banyak arti untuk kami dan bisa mendatangkan antusiasme lebih buat mengarungi laga-laga selanjutnya”, terang Inzaghi seperti dikutip dari DAZN.

Hasil positif atas I Giallorossi membuat selisih poin mereka yang bertengger di peringkat lima serta enam kini menipis jadi tiga angka saja. Mujurnya, anak asuh Inzaghi masih mengantongi satu laga tunda sehingga menyamai poin atau bahkan menyalip Roma bukanlah kemustahilan.

Di luar dari itu semua, Lazio juga membuka lagi pintu persaingan dengan Milan, Internazionale Milano, dan tentunya Roma guna lolos ke Liga Champions musim depan. Pasalnya, jarak yang membentang di antara mereka cuma tujuh poin saja. Apalagi Serie A musim ini masih menyisakan 12 giornata sehingga kesempatan lolos ke Liga Champions terbuka sangat lebar.

Lebih dari itu, kemenangan manis di Derby Della Capitale juga bisa menyengat Lazio untuk tampil lebih brilian di semifinal leg II Piala Italia sebab ajang ini jadi satu-satunya tempat Immobile dan rekan-rekan dapat mencium gelar juara.

Bisakah momentum ini dimaksimalkan, I Biancoceleste?

***

Oleh: Budi Windekind. Bisa disapa di @Windekind_Budi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.