Rumah Sakit AC Milan

Rumah Sakit AC Milan

radentv.com – Menempati peringkat lima klasemen sementara Serie A 2018/2019 melambungkan asa AC Milan untuk mengukir sesuatu yang lebih baik ketimbang musim kemarin. Setidaknya, mimpi untuk kembali berkiprah di Liga Champions tetap hidup.

Ambisi mentas di kejuaraan antarklub paling wahid seantero Eropa itu memang menggelegak di dada Milan. Seperti yang sama-sama kita ketahui, kesebelasan Italia dengan gelar Liga Champions terbanyak (7 buah) ini sudah absen selama lima musim (termasuk musim ini).

Namun nahas bagi I Rossoneri, saat hal itu terasa semakin dekat, sebuah masalah pelik justru menerpa. Seperti dilansir oleh footballitalia, beberapa serdadu andalan Milan seperti Lucas Biglia, Giacomo Bonaventura, Mattia Caldara, Mateo Musacchio, dan Alessio Romagnoli terpaksa minggir dari lapangan. Usut punya usut, mereka dihantam cedera dan kudu absen cukup lama, setidaknya dalam tempo beberapa bulan.

Biglia dan Romagnoli mengalami problem di bagian betis. Sedangkan Bonaventura dan Musacchio diganggu cedera ligamen. Terakhir, Caldara belum kunjung merumput kembali untuk Milan disebabkan masalah pada tendon achilles-nya.

Seolah tak ingin berhenti sampai di situ, kondisi kebugaran Davide Calabria dan Hakan Calhanoglu pun terdistraksi. Hal tersebut sampai memaksa pelatih tim nasional Turki (negara Calhanoglu), Mircea Lucescu, memulangkannya dari pemusatan latihan saat menjalani laga UEFA Nations League maupun persahabatan pekan lalu.

Alih-alih menyebut Milan sebagai klub sepak bola, kondisi muram yang mendera I Rossoneri bikin sejumlah kalangan mencibir Milan tak ubahnya rumah sakit karena dijubeli banyak pasien (baca: pemain yang cedera).

Bagi sang pelatih, Gennaro Gattuso, keadaan ini jelas mengganggu sekaligus menurunkan kualitas mereka. Menurut data yang dihimpun via Transfermarkt, kecuali Caldara, nama-nama lainnya merupakan pilar utama dalam skema permainan yang dikembangkan Gattuso sehingga beroleh menit bermain yang lumayan tinggi.

Biglia dan Bonaventura adalah motor permainan dari sektor tengah sementara duo Musacchio dan Romagnoli adalah benteng utama di lini pertahanan I Rossoneri. Kehilangan mereka secara berbarengan akan memaksa Gattuso untuk memutar otak guna mendapatkan solusi terbaik.

Baca juga: 4 Tips Memilih Sepatu Bola yang Nyaman

Problem akut ini lantas memantik berbagai isu terkait langkah-langkah yang mungkin bakal diambil I Rossoneri. Satu di antaranya tentulah berburu penggawa baru pada bursa transfer musim dingin mendatang. Dari sekian figur, utamanya buat menambal lubang di lini belakang, nama Andreas Christensen (Chelsea), dan Kenny Tete (Olympique Lyonnais), melambung sebagai calon buruan.

Musim ini, keduanya sedang menjalani periode yang kurang apik bersama kesebelasan masing-masing. Baik Christensen maupun Tete, sama-sama jarang diturunkan. Andai Milan benar-benar mengajukan penawaran serius (entah dengan klausul pinjaman atau pembelian), bukan tidak mungkin mereka bersedia merapat ke Stadion San Siro sehingga Gattuso punya amunisi anyar guna mengarungi sisa musim 2018/2019.

Lazio, Parma, dan Torino adalah calon lawan I Rossoneri dalam rentang tiga giornata Serie A ke depan. Dipandang dari sisi manapun, mereka bukanlah tim sembarangan yang bisa ditekuk dengan mudah. Nama pertama, bahkan dicatut sebagai rival langsung Milan guna memperebutkan tiket lolos ke Liga Champions.

Sementara di ajang Liga Europa, Dudelange dan Olympiakos sudah menanti. Klub yang disebut terakhir pun sedang bersaing ketat dengan Calhanoglu dan kawan-kawan untuk beroleh tiket lolos ke babak 32 besar.

Tanpa sebuah pendekatan yang tepat, melewati ujian ini bukanlah urusan sepele. Sekali saja salah langkah, Milan bakal terjatuh dan mungkin saja, sulit untuk bangkit. Namun hal sebaliknya akan terlihat apabila Gattuso berhasil menemukan cara dan ramuan paling ampuh buat melintasi badai mengerikan kali ini.

#ForzaMilan

***

Oleh: Budi Windekind. Bisa disapa di @Budi_Windekind

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *