Cinta Lama yang Belum Kelar

Cinta Lama Belum Kelar

Cinta Lama yang Belum Kelar

radentv.com – Lagi dan lagi, tim sebesar Juventus memutuskan buat melakukan transfer murah meriah dengan mendatangkan kembali pemain yang dulunya sempat tidak diperpanjang masa kontraknya.

Pada 30 Juni 2016, kontrak bek asal Uruguay, Martin Caceres, telah habis dan klub memutuskan untuk melepasnya. Ketika itu banyak orang berpikir kalau era Caceres di Stadion Allianz memang sudah habis.

Selain umur yang telah menginjak 29 tahun, Caceres juga bukan pilihan utama di skuat Juventus. Jadi, alasan pihak klub tidak memperpanjang masa bakti Caceres memang sangat beralasan. Terlebih, besaran gajinya tergolong tinggi untuk ukuran pemain pelapis.

Kondisi Caceres saat itu hampir sama dengan Kwadwo Asamoah yakni selalu menjadi penghangat bangku cadangan tapi tetap memberikan yang terbaik saat dimainkan sebagai starter atau turun ke lapangan dengan status pemain pengganti. Dirinya pun tak pernah mempermasalahkan situasi tersebut.

Bedanya, Asamoah masih mendapat minat dari klub Italia saat kontraknya dengan Juventus berakhir sedangkan Caceres tidak. Bahkan hingga dimulainya musim kompetisi 2016/2017, Caceres sempat tidak memiliki klub.
Sampai akhirnya, datang tawaran dari salah satu kesebelasan Liga Primer Inggris, Southampton. The Saints (julukan Southampton)merekrut Caceres di bursa transfer musim dingin dan diberi kontrak selama setengah musim saja.

Sayangnya, karier Caceres di Inggris tidak berjalan mulus. Di sana, Caceres sulit beradaptasi sehingga jarang diberi waktu bermain. Bukan suatu hal yang mengejutkan pula kalau akhirnya Caceres tak diberi ekstensi kontrak begitu musim 2016/2017 selesai.

Baca juga: Krzystof Piatek dan Masa Depan AC Milan

Realita tersebut mengantar Caceres pada ketidakpastian. Beruntung, ada tim Italia yang meminati tenaga pria berambut gondrong itu yakni Hellas Verona.

Dikontrak penuh untuk musim 2017/2018, Caceres tampil dengan sepenuh hati. Bagi kesebelasan papan bawah yang mengincar sintas di ajang Serie A, kemampuan dan pengalaman segudang Caceres tentu amat dibutuhkan.
Walau keberadaannya tak betul-betul membantu Verona menjauh dari papan bawah, tapi performa lumayan Caceres menarik atensi Lazio.

Benar saja, di bursa transfer musim dingin, Gli Aquilotti memutuskan untuk mencomot Caceres dari I Gialloblu. Di sana, pemain kelahiran Montevideo tersebut diganjar kontrak selama semusim dengan opsi perpanjangan di musim berikutnya.

Walau demikian, Caceres tak mendapat kesempatan main sebanyak di Verona. Oleh Simone Inzaghi, dirinya lebih sering diturunkan sebagai pelapis. Sampai akhirnya di bursa transfer musim dingin Januari kali ini, Caceres berganti kostum sekali lagi. Bekas klub yang diperkuatnya sebanyak dua kali, Juventus, sepakat untuk meminjam Caceres dari Lazio dengan durasi lima bulan.

Tujuan dari perekrutan Caceres adalah menambal lubang di lini belakang I Bianconeri yang baru saja ditinggal pergi Medhi Benatia ke klub Liga Super Qatar, Al Duhail. Gara-gara hal ini juga, Caceres disebut mayoritas Juventini sebagai cinta lama belum kelar Juventus.

Diakui atau tidak, relasi Caceres dan Juventus memang bak kisah picisan. Saya pun teringat sebuah lagu berjudul Putus Nyambung yang dinyanyikan grup vokal bentukan Melly Goeslaw yang berisikan Ayu Sita, Laudya Chintya Bella, Dimas Beck dan Raffi Ahmad.

Secara keseluruhan, sudah tiga kali Caceres dan I Bianconeri putus nyambung seperti sepasang kekasih yang sulit dipisahkan. Meski benci tapi juga rindu setengah mati.

Live Streaming Juventus vs Parma disini!

Meski ada pro dan kontra terkait pulangnya Caceres ke kota Turin, ini adalah pilihan rasional dan ekonomis yang bisa diambil manajemen Juventus. Apalagi kebutuhan mereka hanyalah pelapis untuk Andrea Barzagli, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, dan Daniele Rugani.

Caceres adalah figur yang memiliki semangat juang, pengalaman segudang, mengenal seluk beluk klub ini, tak bergaji tinggi dan ya, mau duduk tenang di bangku cadangan. Lebih jauh, kualitasnya pun cukup baik untuk menggantikan para pemain inti. Bukan sebuah opsi yang buruk kan?

Selamat datang kembali, Caceres.

***

Oleh: Meido Anggriawan. Bisa disapa di @dsmap_

Leave a Reply

Your email address will not be published.